Mudahnya Mengajukan KPR Jaman NOW

Pandemi belum berakhir, namun keinginan masyarakat Indonesia untuk memiliki rumah sudah mulai meningkat. Kondisi ini pun turut didukung oleh program pemerintah, dimana pemerintah berinisiatif memberikan program untuk memudahkan pembelian property, yaitu dengan program tanpa uang muka dan program bebas PPN yang berlaku sampai akhir Maret 2022. Dengan demikian, momen saat ini dapat dikatakan sebagai waktu yang tepat untuk membeli rumah.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan skema pembiayaan favorit yang disukai masyarakat Indonesia, bahkan faktanya 3 dari 4 transaksi pembelian properti dilakukan dengan menggunakan KPR. Penting untuk diketahui bahwa adanya insentif dari pemerintah bukan berarti proses pengajuan KPR akan berjalan lancar. Fakta di lapangan menunjukan realita bahwa sebenarnya tidak mudah untuk mendapat persetujuan KPR dari bank, sehingga tidak jarang seseorang perlu melakukan pengajuan KPR sebanyak 2-3 kali.

Lalu bagaimana tahapan proses pengajuan KPR?

Setelah menemukan rumah atau property yang diinginkan dan melakukan negosiasi harga ke pihak developer/penjual, calon pembeli biasanya diminta untuk memberikan booking fee atau uang tanda jadi sebagai bukti keseriusan dalam melakukan transaksi pembelian property. Setelahnya calon pembeli mencari dan membandingkan produk KPR dari beberapa bank. Pada tahap ini umumnya calon pembeli bisa “salah melangkah” dan tidak jarang membuat calon pembeli keliru mengambil keputusan karena kurangnya informasi.

Umumnya kebanyakan orang hanya fokus mencari bank KPR yang menawarkan bunga paling rendah dan langsung mengajukan KPR hanya ke bank tersebut. Padahal bank dengan bunga KPR yang rendah pastilah memiliki kriteria dan persyaratan yang cukup tinggi di saat akan melakukan aktivitas pelepasan kredit. Praktek yang umum terjadi adalah biasanya bank menawarkan bunga rendah untuk menarik minat sebanyak mungkin konsumen agar pihak bank dapat “memilih” customer yang terbaik menurut pandangan bank. Hal lainnya yang sering membuat nasabah “kejeblos” adalah sebenarnya bunga rendah bisa saja menjadi jebakan “betmen” karena apabila periode bunga rendah tersebut selesai, maka nasabah bisa saja “tercekik” saat memasuki periode bunga floating sehingga kondisi finansial nasabah bisa terganggu yang berujung pada potensi terjadinya tunggakan cicilan.

3 Langkah Mudah Pengajuan KPR Lewat KPR Academy

Melihat banyaknya kejadian seperti di atas, yang dalam banyak kasus membuat timbulnya tunggakan cicilan yang ujungnya mengakibatkan rumah nasabah yang dalam KPR jadi terancam dilelang, KPR Academy hadir sebagai Partner Perjalanan KPR Anda. Pengajuan KPR dapat dilakukan secara online dengan 3 langkah mudah lewat website www.kpracademy.com :

  1. Calon nasabah mengisi profil data diri
  2. Pemberian rekomendasi bank penyedia KPR terbaik yang sesuai profil ybs
  3. Permohonan KPR diproses oleh bank

KPR Academy menyadari bahwa dengan kondisi dimana pandemi belum berakhir dan masih banyaknya aktivitas yang dibatasi, maka hal ini akan menyulitkan calon debitur apabila harus mendatangi kantor cabang bank satu per satu untuk bertanya seputar KPR yang ditawarkan oleh bank tersebut. Belum lagi kalau cabang bank yang didatangi ternyata tidak memiliki sales KPR, maka informasi seputar KPR ataupun bunga KPR terbaru akan sulit didapat.

Selain memberikan kemudahan akses kepada informasi seputar KPR, masih ada keuntungan lainnya yang bisa didapat dengan melakukan pengajuan KPR melalui website www.kpracademy.com, yaitu calon debitur akan melalui proses screening oleh KPR Academy. Bagi mereka yang bisa lolos proses screening awal, maka mereka akan dihubungi lebih lanjut oleh Demy, Customer Service Virtual KPR Academy untuk proses verifikasi lanjutan. Apabila lolos proses verifikasi lanjutan ini, maka calon debitur akan mendapatkan rekomendasi bank penyedia KPR terbaik sesuai dengan profilnya masing-masing, dengan catatan kesesuaian tersebut bisa didapat selama data dan informasi yang disampaikan kepada KPR Academy benar adanya. Proses pengajuan KPR cukup dilakukan hanya melalui ponsel dan hasil rekomendasi bank penyedia KPR bisa didapatkan dalam waktu singkat!

Dengan mengajukan KPR melalui www.kpracademy.com maka kamu tidak perlu lagi keluar masuk bank ataupun pusing menghitung KPR bank mana yang lebih menguntungkan!

Apakah pengajuan KPR dikenakan biaya?

Kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya pengajuan KPR karena KPR Academy tidak memungut biaya apapun untuk semua proses KPR, bahkan kami memberikan fasilitas konsultasi gratis bagi masyarakat yang mengajukan KPR lewat situs www.kpracademy.com. Selain itu, semua data yang masuk ke KPR Academy juga kami jamin kerahasiaannya. Hal ini merupakan komitmen kami sebagai perusahaan teknologi finansial yang sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tergabung dalam Asosiasi Fintech Indonesia.

Peningkatan Literasi Keuangan

Bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), KPR Academy juga turut mendukung aktivitas untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia yang masih terhitung rendah dibanding negara lain di Asia Tenggara. Terdapat banyak kasus yang disampaikan melalui fitur konsultasi di website KPR Academy dimana debitur KPR terpaksa mengalami kerugian karena kurangnya informasi tentang hak dan kewajibannya sebagai debitur. Padahal sekalipun debitur adalah pihak yang meminjam uang, sebenarnya tetap ada hak yang harus dipertahankan supaya bank tidak bertindak sewenang-wenang diluar dari lingkup perjanjian KPR.

Edukasi finansial seputar KPR kami lakukan melalui semua chanel sosial media (Instagram, Facebook, Twitter & Linkedin) @kpracademy serta YouTube Channel KPR Academy. Kami percaya dengan memberikan konten edukasi yang khusus di bidang KPR, masyarakat Indonesia bisa menjadi konsumen yang lebih cerdas dan kritis.

KPR Academy, Partner Perjalanan KPR Anda.

Share on your social media
Articles - Menu