Mengenal Produk KPR

Secara umum Kredit Pemilikan Rumah atau yang sering disingkat menjadi KPR adalah fasilitas pembiayaan yang ditawarkan oleh bank/ lembaga finansial lainnya untuk membantu pembiayaan saat kita mau membeli rumah. Produk pembiayaan KPR ini merupakan salah satu produk unggulan bank karena umumnya cukup jarang orang yang mampu membeli rumah secara tunai langsung.

Mungkin kamu juga cukup sering mendengar istilah Kredit Pemilikan Apartemen atau sering disingkat KPA, Kredit Multiguna ataupun Kredit Refinancing. Inti dari istilah-istilah tersebut sebenarnya sama, hanya saja memang ada variasi penggunaan istilah. Variasi istilah tersebut digunakan bank atau lembaga finansial lainnya untuk membedakan jenis jaminan yang diberikan oleh customer maupun tujuan penggunaan kredit oleh customer.

Jika kita ringkaskan, maka informasinya dapat dilihat dalam tabel berikut ini:

Notes:

  • Produk KPR yang dijelaskan disini dianggap memiliki kesamaan karena umumnya memiliki cara bayar yang sama, yaitu secara angsuran bulanan yang meliputi angsuran pokok pinjaman dan bunga. Untuk variasi metode cara bayar, kamu bisa baca lebih lengkap di artikel lebih dalam tentang produk KPR.
  • Penggunaan istilah Multiguna/ Refinancing ini hanyalah terkait dengan penamaan produk. Kedua istilah ini adalah yang paling sering digunakan di kalangan perbankan dan lembaga finansial.
  • Lingkup jenis jaminan yang disebutkan disini adalah yang secara umum diterima oleh perbankan dan lembaga pembiayaan sebenarnya ada juga lembaga finansial yang menerima kios dan gudang sebagai jaminan.  

Nah, sekarang sudah cukup jelas kan informasinya. Semoga bisa bermanfaat buat kamu dan disaat kamu didekati oleh sales KPR.

Istilah-istilah produk yang disini kamu pelajari bisa membantu untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai apa saja yang ditawarkan oleh sales KPR tersebut.

Share on your social media



Artikel selanjutnya: "Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Rumah?"